Sabtu, 09 April 2011

Tidak Hanya di Kota, Buru Dana di Desa, BANK BRI GELAR PESTA RAKYAT SIMPEDES

JAKARTA — Setelah  sukses menggelar Program Untung Beliung BritAma hingga kelima kalinya yang terkonsentrasi di daerah perkotaan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk  kembali memburu dana di pedesaan melalui Program Pesta Rakyat Simpedes PRS). Event perdana PRS 2011 digelar di Brebes, Jawa Tengah. Tak tanggung-tanggung, hadir pada acara tersebut Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Wagub Jateng Rustriningsih dan Direksi Bank BRI.

Bank BRI mengejar dana hingga ke pedesaan tidak untuk diboyong ke kota, ” Dana yang telah kami kumpulkan melalui Tabungan BRI Simpedes dan jenis simpanan lainnya tersebut, kami salurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan melalui instrumen kredit seperti Kredit Usaha Rakyat dan Kupedes ” ujar Direktur Utama Bank BRI Sofyan Basir di sela-sela acara tersebut. 

Sofyan mengungkapkan, mulai tahun 2008 Sampai dengan bulan Februari 2011 Bank BRI telah menyalurkan KUR sebanyak total Rp 25,29 Triliun dengan total jumlah nasabah sebanyak 3,95 juta debitur. Bank BRI juga telah menyalurkan Kupedes dengan posisi Desember 2010 sekitar Rp 66,10 Trilyun.

Adapun tabungan andalan Bank BRI untuk masyarakat pedesaan yaitu Tabungan BRI Simpedes menunjukkan kenaikan yang signifikan. Tercatat kenaikan Tabungan BRI Simpedes dari tahun 2008 mencapai Rp 56,27 trilyun ke tahun 2009 mencapai Rp 64,39 trilyun atau tumbuh sebesar Rp 8,12 Triliun, kemudian posisi Desember  2010 menjadi sekitar Rp 76,26 Triliun atau tumbuh 11,87 triliun.


Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu, untukahun 2011 ini, dilaksanakan di  273 Kanca BRI seluruh Indonesia selama bulan Maret hingga November  2011.

Konsep program PRS tersebut disusun dalam bentuk sebuah event komunikasi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik nasabah Simpedes, yaitu sebuah event yang bersifat kerakyatan, berskala luas, dan sharing happiness. Acara PRS ini memiliki empat inti acara yang unik dan menarik yangdisebut 4 P yaitu :
1.    Pawai: merupakan karnaval hadiah Tabungan Simpedes yang akan diundi
2.    Pasar : bazar pasar murah yang melibatkan nasabah binaan BRI
3.    Panggung : beraneka ragam hiburan dimulai dari kesenian daerah, musik dan hiburan lainnya yang unik dan menarik
4.    Panen : Penarikan hadiah undian Tabungan Simpedes dengan total hadiah seluruh indonesia bernilai ratusan milyar rupiah

Dalam upaya mengembangkan pemberian KUR dan Kupedes, BRI antara lain melakukan strategi masuk Pasar dengan mendirikan Teras BRI di pasar-pasar tradisional dan mengadakan kegiatan akuisisi debitur berupa Program BRI Peduli Pasar Rakyat (BRI Pesat) dengan tagline ”Pasarmu juga Pasarku” sehingga bisa dikembangkan sebaliknya menjadi ”BRI-Ku juga BRI-Mu”. Dengan BRI Pesat diharapkan KUR dan Kupedes akan mampu membebaskan para pengusaha mikro dari jeratan pinjaman dengan bunga sangat tinggi ataupun dari para ”pelepas uang”.

Program BRI Pesat telah dilakukan di Pasar Badung, Denpasar, Pasar Besar Malang, Pasar Raya Padang, Pasar Simpang Baru Padang, Pasar Mojoagung Jombang. Bantuan yang diberikan pun beragam antara lain pembangunan gapura pasar,      pembetonan jalan penghubung   pasar ,    perbaikan fasilitas/ sarana untuk kebersihan, petunjuk arah menuju pasar, perbaikan sarana ibadah/musholla,  perbaikan sarana ibadah/ musholla termasuk di dalamnya tempat berwudlu dan MCK.  Di Brebes dilaksanakan di Pasar Induk Brebes dengan bantuan berupa bantuan biaya perbaikan drainase Pasar Induk Brebes, Perbaikan Pos Satpam Pasar, Pembuatan Papan Nama dan Papan Petunjuk Pasar, Pemecah Ombak dan bantuan sembako kepada 1.182 nelayan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar