Sabtu, 09 April 2011

Distribusi Soal UN 14 April

AKASSAR -- Naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA didistribusikan ke kabupaten dan kota mulai 14 April mendatang. Pengamanan naskah soal yang tiba lebih dahulu sebelum pelaksanaan UN dilakukan pihak kepolisian.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Makassar Ismunandar berharap distribusi naskah soal UN di Makassar lebih awal. "Jumlah sekolah penyelenggara dan peserta UN lebih banyak, sehingga butuh waktu cukup lama mendistribusikannya," tutur Ismunandar, Jumat 8 April.

Peserta UN tingkat SMA se Makassar yang akan mengikuti ujian 18 April mendatang tercatat sebanyak 19.857 siswa. Jumlah ini terdiri dari 10.306 siswa dari 110 SMA negeri dan swasta, Madrasah Aliyah 1.402 siswa dari 25 sekolah, SLB 44 siswa, dan SMK negeri dan swasta 8.465 siswa dari 85 sekolah.

Penggandaan naskah soal UN dilakukan perusahaan percetakan yang ditunjuk Dinas Pendidikan Sulsel dengan master soal dari Kementerian Pendidikan Nasional. Ismunandar berharap pelaksanaan UN tahun ini mendapatkan hasil lebih murni tanpa kecurangan.

Satu ruang ujian berisi maksimal 20 peserta, akan mendapat lima paket soal berbeda yang dibagi secara acak. "Peserta ujian tidak bisa lagi menyontek, karena paket soalnya berbeda," ujarnya.

Pengawasan ujian di ruang kelas juga menggunakan sistem silang yang berasal dari sekolah penyelenggara ujian yang berbeda. Dengan sistem silang, diharapkan tidak ada guru yang memberikan bantuan penyelesaian soal kepada peserta ujian.

Penentuan kelulusan siswa tidak lagi hanya bergantung pada hasil UN. Dua parameter lainnya yang ikut menentukan kelulusan siswa yakni nilai rata-rata rapor semester III, IV, dan V serta hasil Ujian Akhir Sekolah akan dikirim ke Kementerian Pendidikan satu pekan sebelum pelaksanaan UN.

"UN bukan satu-satunya penentu kelulusan siswa. Persentase penilaiannya, 40 persen nilai dari sekolah dan 60 persen hasil UN. Peserta UN juga wajib memenuhi standar minimal 5,50 dan nilai terendah 4,0 setiap mata pelajaran yang diujiankan," terangnya. (rif-hdy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar